Home » , , , » Menyimak sisi lain penjiplak artikel blog

Menyimak sisi lain penjiplak artikel blog

Menyimak sisi lain penjiplak artikel blog. Dalam dunia maya seorang blogger yang mampu menciptakan suatu tulisan atau artike yang original dari karya tangannya sendiri merupakan suatu kebanggaan. Karena tidak semua penulis di dunia maya mampu berkarya tulis dengan baik dan murni hasil karya sendiri. Namun dibalik banyaknya simpati untuk kalangan penulis orisinil tahukah kita ternyata ada sisi lain dibalik keburukan yang dinobatkan untuk para plagiat atau penjiplak artikel di ranah maya ?. mari kita telisik lebih dalam.

Semua pasti meng-amini kalau perbuatan menjiplak hasil karya orang lain itu perbuatan tidak etis bahkan sampai kepada pelanggaran serius ke ranah pidana. Bagi para pembuat artikel otentik tentu merasa kebakaran jenggot dengan ulah si penjiplak yang diam-diam menyerap ilmu dan mengunggahnya di tempat lain tanpa permisi. Di sisi lain, para penjiplak artikel dengan santainya dan tanpa belajar ilmu yang ditulisnya akan menghasilkan artikel yang instant dan dan sama mutunya.


Ternyata, di balik itu semua ada sebuah sisi menguntungkan yang mungkin anda tidak akan menebaknya sebelumnya terhadap para plagiat artikel tersebut, apa saja contohnya :

1. Para penjiplak akan terus bertambah ilmunya. Entah itu sadar atau tidak, penjiplak tentu akan membaca paragraf demi paragraf apa yang akan ditulisnya ulang. Disitulah dia akan mendapat ilmu yang tentang topik apa yang dia gandakan. 

2. Bisa saja para penjiplak akan lebih ingin tahu hal-hal baru. Dengan berbagai tema niche blog yang dia punya tentu dia akan menjadi 'hunter' alias pemburu artikel bermutu untuk dijadikan bahan referensi jiplakannya. disisi inilah terkadang nantinya para penjiplak akan lebih faham dari pembaca artikel yang hanya membaca sepintas lalu.

3. Penjiplak itu 'makhluk' yang aktif. para jiplakers tentunya tahu kalau perbuatannya tidak etis dan diluar kepatutan. namun disisi lain, karena keterbatasan ilmunya itulah dia ingin mengetahui apa saja untuk dijadikan bahan tulisannya. apa saja dia baca dan buka yang tentunya akan berimbas akan daya serapnya akan suatu ilmu tertentu.

4. yang ke empat ini yang agak konyol, para jiplakers merupakan orang-orang yang sukses dengan kenekatannya. dia termasuk golongan penulis artikel dari golongan 'bondo nekat' yang dimanapun orang mencerca dia anggap sebagai angin yang sedang bertiup sepoi..hehe

Nah, dari sedikit penjabaran diatas yang entah itu benar atau tidak, memang kontroversi dari seorang penjiplak artikel blog sampai saat ini menjadi sebuah bumerang bagi kedua belah pihak. bukanlah saya seorang penjiplak namun ternyata ada dan nyata bahwa para penjiplak suatu saat nanti akan lebih mumpuni ilmunya dibanding para 'seniornya'.

Bagaimana menurut sobat semua ?, apakah yang membaca tulisan ini juga salah satunya pernah menjadi jiplakers ?...hehe..semoga saja tidak . 

2 komentar:

  1. Bener Gan,,, Tapi Artikel Yang Menjiplak Kok Bisa Ngikut keword juga yach,,, Tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia...memang aneh cara google meng-crawl setiap situs bang..hehe

      Delete

* Silahkan meninggalkan komentar di bawah ini dengan sopan dan tidak vulgar
* Jangan meletakkan link hidup !!!