Home » » Apa itu SEO ?

Apa itu SEO ?

Seorang pebisnis online atau mereka yang memiliki usaha yang dipasarkan lewat internet pasti akan bersinggungan dengan istilah SEO. Sebagai sebuah term, SEO sudah begitu populer di kalangan para penggiat internet marketing. Namun bagi para pemula, SEO masih menjadi dunia abu-abu yang artinya masih kadang sulit dipahami. Padahal perannya sangat besar dalam sebuah internet marketing campaign. Berbagai buku panduan mengenainya terpajang di toko-toko buku. Banyak seminar di hotel berbintang digelar untuk memasyarakatkannya. Artikel berikut ini akan membahas secara detail pengertian SEO, dan bagaimana peran SEO dalam membantu pemasaran online bisnis anda
* SEO : Menaklukan Ratusan Aspek Algoritma Google

Google adalah situs yang paling sering diakses oleh seluruh pemakai internet di seluruh dunia. Data yang dikemukakan oleh Alexa Rank – sebuah situs pencatat statistik trafik website – menunjukkan Google menempati urutan pertama daftar situs yang paling sering dikunjungi, masih lebih tinggi dari Facebook – sebagai jejaring sosial nomor 1 di dunia.
Ya, google adalah sebuah mesin pintar, yang akan membantu anda menemukan apa saja yang anda cari di internet. Anda cukup mengetikan apa yang sedang ingin anda cari, lalu google akan mendisplay daftar situs-situs yang “relevan” dengan target pencarian anda. Daftar website yang ditampilkan google bisa berjumlah ratusan bahkan miliaran, dipajang berurutan dari nomor 1 hingga terus ke belakang.
Pertanyaannya : atas dasar apa google melakukan pengurutan daftar website yang dihasilkan berdasarkan pencarian kata kunci yang diinput oleh seseorang? Kenapa kok ada website yang ditaruh paling atas, ada yang nomor 2 atau malah ada yang jauh di halaman belakang?
Google sudah membuat semacam aturan main – yang sering disebut sebagai algoritma – untuk melakukan perankingan. Ada ratusan parameter yang dijadikan pertimbangan oleh Google untuk memutuskan situs mana yang harus ditempatkan lebih tinggi, mana yang harus dilempar ke halaman belakang. Secara mudah anggaplah masing-masing website dibuat scoring oleh google, mana yang score-nya paling tinggi, dialah yang paling pantas ada di atas, dan seterusnya. Tepat di titik itulah SEO berperan.
SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Yaitu usaha mengoptimalkan berbagai aspek dari sebuah website agar “sesuai” dengan aturan main (algoritma) search engine (terutama Google).
(Paragraf berikut ini bisa anda loncati, jika anda merasa mulai pusing dengan berbagai bahasa teknis yang terpaksa tersebut)
Dari ratusan aspek yang dipertimbangkan Google, bisa digolongkan menjadi dua bagian : SEO onpage dan SEO offpage. Onpage adalah SEO yang berkaitan pada struktur website. Disebut juga sebagai SEO internal, yaitu membangun dan memodifikasi peng-kode-an sebuah website agar sesuai dengan Guidelines yang dikeluarkan Google. Sedangkan SEO offpage – disebut juga SEO eksternal – yaitu sebuah usaha meningkatkan skor popularitas sebuah website. Nilai popularitas sebuah website dihitung berdasarkan kuantitas dan kualitas tautan (link) yang terbuat dan mengarah ke situs tersebut. Google akan menganggap sebuah situs semakin kredibel dan baik (sehingga perlu diletakkan di posisi atas) jika website tersebut “populer”. Semakin banyak website yang mencantumkan link menuju website anda, maka nilai popularitas web tersebut semakin tinggi. Semakin baik dan bonafid sebuah situs yang mencantumkan link menuju website anda, juga akan sangat mempengaruhi faktor popularitas tersebut.
* SEO : Sebagai Teknik Pemasaran Online

Sudah pasti, ketika Google menjadi situs yang paling banyak digunakan oleh para netter, maka google menjadi sebuah lahan yang menjanjikan untuk pemasaran online. Katakanlah anda memiliki sebuah website jualan baju, dan anda ingin website anda ramai dikunjungi orang. SEO bisa membantu merealisasikan hal tersebut. Dengan riset pasar yang tepat, anda bisa menggeret banyak pengguna google masuk ke website jualan anda. Hal ini tentu sangat tidak mungkin terjadi jika website jualan baju tersebut tidak muncul di posisi-posisi atas hasil pencarian Google. Disitulah peran SEO dalam pemasaran online.
* Outsourcing SEO

Mempelajari teknik SEO bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi Google kerap melakukan banyak perubahan aspek penilaian. Sifatnya sangat dinamis, sehingga teknik yang bermanfaat saat ini, bisa jadi sudah basi pada tahun depan. Bagi anda yang awam dan hanya ingin fokus pada mengelola sebuah bisnis online, kini banyak outsourcing SEO yang dikenal dengan Jasa SEO. Para pelaku Jasa SEO adalah orang-orang yang memang memfokuskan diri secara profesional untuk memperkenalkan sebuah website ke hadapan publik internet via Search Engine, dengan menempatkannya di posisi atas hasil pencarian.

0 komentar:

Post a Comment

* Silahkan meninggalkan komentar di bawah ini dengan sopan dan tidak vulgar
* Jangan meletakkan link hidup !!!